Pada materi terdahulu kita telah mempelajari tentang bagaimana cara menyaring data pada database Anda pada artikel tentang Cara Menyaring dan Mengurutkan Data Pada Excel (Bagian 1). Pada tulisan kali ini kita akan melanjutkan cara menyaring data dengan Teks filter.

Menyaring Data dengan Filter Teks

Dengan fasilitas ini kita akan menyaring data record pada tabel berdasarkan kolom data yang mengadung atau berisikan data teks yang kita inginkan, fasilitas ini disebut dengan Text Filters. Untuk contoh kali ini kita menggunakan data tabel yang kita gunakan pada meteri sebelumnya Cara Menyaring dan Mengurutkan Data Pada Excel (Bagian 1), dan kita akan menggunakan fasilitas ini untuk menyaring record data berdasarkan kolom dan field tertentu.
Untuk memperjelasnya mari kita lihat langkah-langkah berikut ini (oya, pada materi kali ini saya asumsikan bahwa anda sudah mengerti tentang materi yang sudah dijelaskan sebelumnya tentang Cara Menyaring dan Mengurutkan Data Pada Excel (Bagian 1):
  1. Klik panah tanda filter pada field (pada contoh ini saya memilih field Item), lalu klik perintah Text Filters, lalu akan tampil pilihan peritah untuk menyaring data.
  2. Pada pilihan Text Filters tersebut, pilih salah satu operator untuk menampilkan kotak dialog Cutom AutoFilter.
Penjelasan mengenai operator pembanding akan dijelaskan di bawah ini beserta contoh data hasil penyaringan  berdasarkan field Item:
menyaring dan mengurutkan data-2-1

Equals  = sama dengan
Perintah ini digunakan untuk membuka Custom AutoFilter yang akan menyaring data record yang memiliki nilai sama dengan nilai tertentu yang diinginkan. Pada contoh ini saya akan menyaring data dengan Item Sunlight dan Rinso, seperti gambar di bawah ini.

menyaring dan mengurutkan data-2-2

Does Not Equal = tidak sama dengan
Perintah ini digunakan untuk membuka dialog  Custom AutoFilter yang akan menyaring data record yang memiliki nilai tidak sama dengan nilai tertentu yang diinginkan. Pada contoh ini saya akan menyaring data  selain Item Sunlight dan Rinso,  seperti gambar di bawah ini.

menyaring dan mengurutkan data-2-3

Begin With  = diawali dengan
Perintah ini digunakan untuk membuka dialog  Custom AutoFilter yang akan menyaring data record yang memiliki nilai diawali dengan penulisan teks tertentu. Pada contoh ini saya akan menyaring data  kata yang diawali dengan teks “S”yaitu Sikat Gigi Formula dan Sunlight, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

menyaring dan mengurutkan data-2-4

End With = diakhiri dengan
Perintah ini digunakan untuk membuka dialog  Custom AutoFilter yang akan menyaring data record yang memiliki nilai diakhiri dengan penulisan teks tertentu. Pada contoh ini saya akan menyaring data  kata yang diakhiri dengan teks “t” yaitu Pepsodent dan Sunlight, dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

menyaring dan mengurutkan data-2-5

Contains  =  berisi
Perintah ini digunakan untuk membuka dialog  Custom AutoFilter yang akan menyaring data record yang memiliki nilai yang berisi atau mengandung teks tertentu. Pada contoh ini saya akan menyaring data  kata yang berisi atau mengandung teks “so” seperti Pepsodent dan Rinso.
Does Not Contain
Perintah ini digunakan untuk membuka dialog  Custom AutoFilter yang akan menyaring data record yang memiliki nilai yang tidak berisi atau mengandung teks tertentu. Pada contoh ini saya akan menyaring data  kata yang tidak berisi atau mengandung teks “s” yaitu Minyak goreng bimoli.
Custom Filter
Perintah ini digunakan untuk membuka dialog  Custom AutoFilter yang akan menyaring data record dengan berbagai kriteria. Pada contoh ini saya akan menyaring data  kata yang di awali dengan teks “s” dan diakhiri dengan teks “t” yaitu Sunlight.
Custom AutoFilter ini juga dilengkapi dengan operator pembanding, yaitu
And – pilihan tombol untuk membentuk kriteria dengan dua kondisi, Hasil penyaringan hanya menampilkan data-data yang memenuhi kedua kriteria yang dikondisikan.
Or –  pilihan tombol untuk membentuk kriteria dengan dua kondisi, Hasil penyaringan hanya menampilkan data-data yang memenuhi salah satu kriteria yang dikondisikan.

Karakter Wildcard

Selain cara di atas, menyaring data dengan membentuk kriteria tertentu Anda juga dapat menggunakan karakter wildcard, yaitu karakter/tanda ? dan *.
Karakter ? digunakan untuk mewakili sembarang karakter tunggal, sedangkan karakter * mewakili beberapa karakter sembarang.
Untuk lebih jelas mari kita lihat penggunaan karakter wildcard berikut ini:
Penulisan wildcard untuk penulisan kriteria pada field Item dangan menggunakan operator pembanding adalah equal.
               S*  adalah penulisan kriteria untuk menampilkan data dengan Item dengan huruf awal “S”
Atau:
Anda dapat gunakan operator pembanding begins with dan nilai pembandingnya adalah “S”.
?i*, adalah penulisan kriteria untuk menampilkan data dengan Item dengan huruf kedua “i”
Atau:
Anda dapat gunakan operator pembanding begins with dan nilai pembandingnya adalah “?i”.
Untuk memperkuat pemahaman anda pada materi ini, silahkan tonton video tutorial berikut:
Untuk lebih mudah memahami materi pada artikel ini saya sarankan untuk melihat Cara Menyaring dan Mengurutkan Data (bagian 1), artikel cara mengurutkan data lainnya yang dapat anda pelajari Cara Mengurutkan data dengan Kriteria Tertentu
Semoga bermanfaat.

sumber :