Belajar ms word bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan jika kita memiliki kemauan untuk mempelajarinya. Jika  Anda baru mengenal ms word alias pemula maka langkah awal yang harus dilakukan adalah belajar dasar-dasar cara bekerja dengan teks pada ms word, dengan begitu Anda akan bisa mengetik, mengatur dan mengedit teks. Kali ini kita akan belajar menggunakan Microsoft Word 2013.
Pada materi terdahulu Saya sudah menjelaskan tentang cara membuat daftar isi dan cara mengedit teks. Pada Belajar Ms Word ini Saya akan menjelaskan dasar-dasar  membuat teks pada ms word ini termasuk kemampuan untuk menambah, menghapus dan memindahkan teks, termasuk juga mencari dan mengganti teks atau frase yang kita inginkan. Inilah yang akan kita pelajari dalam artikel Belajar Ms Word Bagi Pemula ini, disamping itu untuk mempermudah pemahaman Anda saya juga melengkapinya denganvideo tutorial pada bagian bawah tulisan ini.

Belajar Ms Word Menggunakan Insertion pointuntuk menambah atau memulai teks

Insertion point atau sering juga kita sebut dengan “kursor” adalah garis vertikal yang berkedip pada dokumen Anda. Insertion point ini menunjukkan tempat dimana Anda memulai untuk mengetik atau memasukkan teks pada halaman. Penggunakan insertion point dapat dilakukan dengan beberapa cara:
  • Blank document – Ketika anda membuka dokumen baru dengan blank document, maka posisi insertion point berada pada sisi kiri atas dari halaman. Jika Anda ingin memulai mengetik dokumen dapat diawali dari sini.

belajar ms word-1
Insertion poin
  • Menambahkan spasi – untuk menambah spasi yang mungkin tertinggal pada pengetikan sebelumnya. Letakkan insertion point setelah kata pada lokasi spasi yang ingin Anda tambahkan, lalu tekan tombol spasi pada keyboard komputer Anda.
belajar ms word-2
Insertion point untuk menambah spasi
  • Baris pada paragraf baru – Setelah mengahiri kalimat pada satu paragraf, tekan tombol Enter pada keyboard untuk memindahkan insert point pada baris paragraf berikutnya.

belajar ms word-3
Memindahkan Insertion point pada paragraf baru
  • Menempatkan secara manual – Setelah melakukan pengetikan ada kalanya Anda ingin melakukan pengeditan terhadap ketikan yang telah Anda buat. Anda dapat menggunakan mouse untuk memindahkan insert point ke tempat yang Anda inginkan dalam dokumen. Anda tinggal klik saja pada tempat yang diinginkan dalam dokumen dan insert point akan berpindah.
belajar ms word-4
Menempatkan insertion point secara manual

Pada dokumen baru blank document Anda dapat melakukan double-click untuk menempat insert pointpada posisi yang Anda inginkan.

Untuk menyeleksi atau memilih teks

Sebelum memformat teks, hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah menyeleksi teks yang akan diformat, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Letakkan insert point disebelah teks yang ingin Anda format.
  2. Klik mouse dan tahan lalu geser sampai semua teks yang ingin Anda format terpilih.
  3. Lalu lepaskan mouse,Anda telah memilih teks, teks yang terpilih akan ter-highlight seperti terlihat pada gambar.
belajar ms word-5
Insertion point untuk menyeleksi teks

Anda juga dapat meggunakan shortcut :
  • double-click untuk memilih satu kata.
  • triple-click untuk memilih kalimat atau paragraf .
  • Ctrl + A untuk memilih seluruh dokumen.

Untuk menghapus teks

Ada kalanya kita harus menghapus beberapa bagian teks yang sudah kita tulis, bagaimana melakukannya. Pada artikel Belajar Ms Word ini saya menuliskan ada 3 cara menghapus teks, yaitu:
  • Jika teks yang ingin dihapus berada di sebelah kiri insert point Anda dapat menggunakan tombol Backspace pada keyboard
  • Jika teks yang ingin dihapus berada di sebelah kanan insert point Anda dapat menggunakan tombol Delete pada keyboard
  • Pilih teks yang ingin dihapus lalu tekan tombol Delete
Disamping ketiga cara di atas Anda juga dapat melakukannya dengan memilih teks yang ingin ganti, lalu ketik teks yang baru, otomatis teks yang lama akan terhapus digantikan dengan teks yang baru.

Menyalin dan memindahkan teks

Jika Anda ingin mengetik kata yang sama dengan yang sudah Anda ketik sebelumnya, apa yang harus dilakukan? Pada ms word Anda dapat meng-copi teks lalu menempelkannya pada tempat lain pada dokumen dan ini akan menghemat waktu mengetik Anda.

Untuk menyalin dan menempelkan teks (Copy – Paste)

Cara ini dilakukan untuk membuat duplikat teks dari teks yang sudah Anda ketik sebelumnya, dengan cara sebagai berikut:
  1. Pilih teks yang ingin Anda copy
  2. Klik perintah Copy pada tab HOME (Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan klik-kananlalu pilih Copy)

belajar ms word-6
Menyalin Teks (Perintah Copy)
  1. Lalu letakkan insertion point pada tempat yang Anda inginkan
  2. Klik perintah Paste pada tab HOME
belajar ms word-7
Menempel Teks (Paste) dari perintah Copy

Untuk memotong dan menempelkan teks (Cut andPaste)

Pada artikel Belajar Ms Word ini saya juga memperkenalkan bagaimana memindahkan teks yang sudah kita ketik ke tempat lain pada dokumen yaitu dengan memotong dan menempel teks, caranya adalah sbagai berikut:
  1. Silahkan pilih teks yang ingin Anda potong
  2. Pilih perintah Cut pada tab HOME
belajar ms word-8
Memotong Teks (perintah Cut)
  1. Lalu letakkan insertion point pada tempat yang Anda inginkan
  2. Klik perintah Paste pada tab HOME
belajar ms word-9
Menempel Teks (Paste) dari perintah Cut
Untuk perintah-perintah di atas Anda juga dapat menggunakan shortcut pada keyboard:
  • Ctrl+X untuk perintah Cut;
  • Ctrl+C untuk perintah Copy dan;
  • Ctrl+V untuk perintah Paste.

Untuk menarik dan melepas teks (Drag and Drop)

Drag and Drop ini fungsinya sama dengan Cut and Paste yang sudah dijelaskan di atas, yaitu memindahkan teks ke tempat lain dalam dokumen, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Pilih teks yang akan dipindahkan
  2. Klik dan tahan, lalu pindahkan ke lokasi yang Anda inginkan.
  3. Lepaskan mouse, teks akan muncul di tempat yang baru

Mencari dan Mengganti teks (Find and Replace)

Ketika kita ingin menemukan satu kata tertentu pada satu dokumen yang panjang, lalu Anda ingin menghitung jumlah kata tertentu tersebut dalam dokumen, atau bahkan Anda ingin mengganti semua kata tertentu itu sekaligus, bagaiamana cara melakukannya? Dalam tulisan Belajar Ms Word ini Saya juga memperkenalkan perintah Find and Replace.

Untuk menemukan teks (Find)

Perintah Find digunakan untuk menemukan teks, pada tulisan Belajar Ms Word ini saya menggunakan contoh artikel tentang Material Granular dan kita akan mencari kata “material” dalam dokumen itu, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Klik perintah Find pada tab HOME yang berada pada bagian sebelah kanan.
  2. Navigation pane akan muncul disebelah kiri layar.
belajar ms word-11
Perintah Find untuk mencari teks

  1. Ketik kata/ teks yang ingin Anda temukan, dalam contoh ini saya ingin mencari kata “material”. Ketikkan kata tersebut pada kotak pencarian dokumen pada bagian atas Navigation pane.
belajar ms word-12
Mengetik teks yang ingin dicari pada navigation pane
  1. Jika kata yang kita cari ditemukan, maka kata tersebut akan ditandai dengan warna kuning, dan tampilan hasil pencarian keseluruhan akan terlihat pada Navigation pane
  2. Jika kita memilih salah satu hasil pencarian pada Navigation pane, maka warna highlight pada kata akan terlihat keabu-abuan.
  3. Jika telah selesai silahkan klik tanda X untuk menutup Naviagation pane, dan tanda warna highlight pun akan hilang.
Perintah Find juga dapat diakses dengan menekan tombol Ctrl+F pada keyboard

Untuk mengganti teks (Replace)

Pada satu waktu Anda menemukan kesalahan ejaan atau istilah yang terjadi secara berulang pada ketikan Anda dan Anda ingin menggantinya, bagaimana cara melakukannya? Ya, pastinya membingungkan kalau harus dicari dan diganti satu persatu, melalui tulisan Belajar Ms Word ini juga saya memperkenalkan cara mengganti kesalahan ejaan/istilah pada keseluruhan dokumen sekaligus dengan perintah Find and Replace, Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Pada tab HOME klik perintah Replace yang terletak pada bagian kanan
  2. Kotak dialog Find and Replace akan muncul
  3. Ketik kata/teks yang ingin Anda ganti pada kotak Find what, contoh pada artikel Belajar Ms Word ini saya ingin merubah kata “material”
  4. Ketik kata pengganti yang Anda inginkan, contoh pada artikel Belajar Ms Word ini saya ingin mengganti kata “material” menjadi “bahan”, lalu klik Find Next, word akan mencari kata pertama yang sesuai dengan pencarian dengan highlight warna abu-abu.
  5. Jika Anda tidak ingin merubah kata tersebut, silahkan klik lagi Find Next, word akan menampilkan kata berikutnya yang dicari dengan highlight warna abu-abu. Disini jika Anda ingin merubah teks silahkan klik Replace. Begitu seterusnya, teks direview satu per satu.
belajar ms word-13
Mengganti Teks dengan perintah Replace
  1. Jika ingin mengganti keseluruhan kata/teks yang ada dalam dokumen yang Anda isi pada kota Find what dengan kata/teks yang Anda isi pada kotak Replace with maka Anda tinggal klik tombol Replace All, maka seluruh kata/teks akan digantikan dengan kata/teks yang baru.
Demikian Dasar-dasar membuat dan mengedit teks pada Belajar Ms Word ini, semoga bermanfaat. Silahkan dipraktekkan tahap demi tahap untuk memperlancar kemampuan Microsoft Word Anda. Selain itu Anda juga dapat mempelajari materi lainnya seperti cara membuat dokumen baru dan cara membuat nomor halaman di microsoft word.